6 Tips dan Trik Mendidik Anak

May 14, 2018







1. Akhlak dan Moral




Agama menjadi salah satu faktor penting dalam menguatkan karakter anak. Pedoman dalam Agama menjadi salah satu acuan yang harus diterapkan dalam kehidupan anak sehari-hari.



2. Kemampuan Berfikir






Memberikan feeding (umpan) yang tepat dalam menggali respon dari anak. Mengaktifkan logika anak dengan kemampuan anak medeskripsikan situasi atau ilustrasi menurut kapasitas nalarnya tanpa disanggah/di block di awal.




3. Keterampilan Motorik




Memberikan anak kesempatan untuk trial error dengan pengawasan. Mempraktekkan suatu teori menjadi karya nyata, untuk mengaktifkan Kreatifitas pada anak.




4. Wawasan Luas




Perlunya pendamping untuk selalu aktif memperkenalkan sesuatu hal baru kepada anak. Pendamping ini haruslah menguasai materi yang nanti akan menjadi stimulus anak untuk bertanya. Tak usah malu ketika tidak mampu menjawab pertanyaan anak, tetapi mencari jawaban bersama atas pertanyaan yang diberikan.



5. Bersosialisasi




Memberikan kesempata pada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungannya, agar anak dapat mengenali persamaan dan perbadaan yang dapat dicerna dan bisa menjadi penguat karakter anak dengan lingkungannya.




6. Fasilitasi




Berikan tempat, ruang, waktu, tools sesuai dengan kemampuan pendamping dan anak. Tanpa memaksa tanpa intimidasi.





Semoga artikel ini bermanfaat, dan dapat diaplikasikan dalam keseharian, karena anak itu adalah anugrah sekaligus titipan yang akan kita pertanggungjawabkan.




You Might Also Like

0 comments

SUBSCRIBE NEWSLETTER

Get an email of every new post! We'll never share your address.

Popular Posts